Wellington City (penduduk setempat menyebutnya Welly) merupakan ibu kota negara Selandia Baru. Kota yang juga dijuluki “the coolest little capital in the world” atau Ibu Kota kecil paling keren di dunia” ini menjadi tempat bagi Mahasiswa dari dua universitas utama di Selandia Baru (Massey University dan Victoria University)

Wellington sendiri lokasinya terbilang cukup jauh dan juga kondisinya relatif sepi dibandingkan kota Auckland yang merupakan pusat bisnis di New Zealand. Namun sebenarnya Wellington memiliki banyak keistimewaan. Salah satunya keistimewaan Wellington adalah kualitas pendidikannya, Kedua universitas besar yaitu Victoria University of Wellington dan Massey University memiliki beberapa jurusan unggulan.

Salah satu unggulannya yaitu jurusan Applied Linguistics di Victoria University of Wellington termasuk dalam peringkat 100 besar dunia dimana banyak profesor dan para ahli di bidang Applied Linguistics yang merupakan lulusan maupun tenaga pengajar di kampus tersebut.

Hal Yang Menarik Di Wellington City

Meskipun kotanya kecil, namun tidak pernah ada momen yang menjemukan di Wellington. Gaya hidup di Wellington pun cocok untuk pelajar atau mahasiswa karena ada banyak tempat untuk dikunjungi disana:

  1. Komplek Parlemen

Kenapa komplek parlemen di Wellington menarik untuk dikunjungi? Karena bangunan parlemen ini unik, berbentuk seperti sarang lebah, maka dari itu dikenal sebagai Beehive.

Selain itu, juga terdapat Perpustakaan Parlemen dengan gaya arsitektur Victorian Gothic. Bangunan yang dibangun pada sekitar tahun 1880-1899 ini berfungsi sebagai perpustakaan untuk parlemen namun juga memiliki bagian yang dapat diakses oleh publik. Sehingga banyak pelajar dari luar berkunjung ke komplek parlemen ini.

  1. Museum Te Papa

Museum yang terletak di 55 Cable Street Wellington ini ini memiliki sejumlah koleksi unik dan merupakan tempat yang cocok untuk belajar mengenai sejarah dan budaya New Zealand. Memiliki 6 lantai dengan luas 36.000 meter persegi, dilengkapi dengan kafe yang indah di dalamnya.

  1. Carter Observatory

Carter Observatory ini planetarium yang terletak di dalam Botanic Gardens. Wellington sendiri merupakan kota yang letaknya cukup jauh dari keramaian sehingga pada malam hari sedikit sekali polusi udara. Menikmati langit belahan bumi selatan di planetarium ini sungguh pilihan yang menarik.

Tempat ini juga dilengkapi dengan memiliki teleskop raksasa yang terkadang dibuka untuk pengunjung agar bisa meneropong bintang dan mencari konstelasi Southern Cross.

  1. Mount Victoria

Bagi Anda yang suka menikmati pemandangan alam di sekitar pegunungan, Anda bisa singgah ke Mount Victoria Wellington. Daerah tersebut konon sangat mudah untuk diakses dari pusat Kota Wellington. Dari pusat kota, jaraknya hanya sekitar 196 meter. Kata orang tidak ada tempat yang lebih baik untuk melihat kota selain dari Gunung Victoria.

  1. Studio Weta

Bagi pelajar yang penasaran dengan dunia perfilm-an, studio ini cocok untuk disinggahi. Terletak di 1 Weka Street, Weta Workshop adalah studio efek dan prop khusus terkemuka di dunia. Mereka telah bekerja pada banyak film hit box office selama beberapa dekade terakhir, tetapi Weta Workshop terkenal karena karya mereka pada Trilogi Lord of the Rings.

Nah ternyata walaupun kotanya kecil, namun memiliki tempat – tempat yang menarik untuk dipelajari. Kota ini memang terasa sangat tidak mainstream, melainkan artistic, Wellington mempunyai keunikan tersendiri sehingga banyak pengunjung yang terpesona.

× How can I help you?