Sistem pendidikan adalah metode yang digunakan dalam proses belajar mengajar yang bertujuan peserta didik dapat mengembangkan potensinya. Bisa dikatakan bawa system pendidikan memiliki peranan yang besar dalam menentukan kualitas sumber daya manusia di suatu negara.

Contohnya Australia merupakan salah satu negara yang memiliki sistem pendidikan terbaik. Tidak heran jika banyak sekali pelajar dari Indonesia yang tertarik untuk melanjutkan studi di Australia. Lalu, apa saja sistem pendidikan Australia yang membedakan dengan Indonesia ? Yuk, simak penjelasan di bawah ini:

Sistem Pendidikan Australia VS Sistem Pendidikan Indonesia

  1. Awal Tahun Ajaran Yang Berbeda

Awal tahun ajaran baru di Australia adalah akhir Januari atau Februari setiap tahun, sementara di Indonesia adalah di Bulan Juli. tahun ajaran terbagi menjadi 4 Term untuk pendidikan dasar dan menengah, di Indonesia menjadi 2 semester. Sedangkan untuk universitas biasanya tahun ajaran terbagi menjadi dua semester atau tiga semester yang dimulai pada Februari, Juni, atau November.

  1. Kurikulum

Kurikulum di Australia lebih ditekankan pada teori pengenalan diri, lingkungan dan pengembangan sikap. Pada tingkat SMA mereka hanya mempunyai 6 atau 7 mata pelajaran, sesuai dengan disiplin ilmu yang mereka akan pilih di tingkat lanjutan. Di Indonesia kurikulumnya padat di mana kita harus mempelajari banyak mata pelajaran sejak kelas 1 sekolah dasar. Bahkan di tingkat SMA pun, meskipun telah memilih jurusan IPA atau IPS kita tetap memiliki banyak mata pelajaran setiap semesternya.

  1. Struktur Pendidikan Formal

Struktur pendidikan di Australia dimulai dari TK atau  preschool yang dilanjutkan dengan sekolah dasar hingga tahun ke 6 atau 7. Pendidikan berlanjut ke sekolah menengah selama 3 sampai 4 tahun, mulai dari tahun 7 atau 8 hingga tahun 10. Setelah lulus sekolah menengah, pelajar akan melanjutkan pendidikan ke sekolah menengah atas untuk tahun 11 dan tahun 12.  Di Australia tidak mengenal sistem akselerasi.

Di Indonesia dimulai dari TK 2 tahun, akselerasi. Sekolah dasar 6 tahun, sekolah menengah pertama selama 3 tahun, dan sekolah menengah atas selama 3 tahun. Sehingga orang yang masuk sekolah di tahun yang sama, akan lulus secara bersamaan pula.

  1. Struktur Pendidikan Tinggi

Pendidikan tinggi di Australia tidak begitu berbeda dengan Indonesia. Pendidikan tinggi di Australia terdiri dari universitas dan juga sekolah kejuruan, baik yang dikelola oleh pemerintah maupun swasta.

Australia memiliki pilihan level di bawah universitas yaitu pendidikan yang berorientasi pada praktik dan college yang kreditnya dapat  digunakan untuk menyambung program gelar di universitas. Hal ini hampir sama dengan di Indonesia di mana banyak terdapat akademi-akademi vokasi atau politeknik.

Tertarik untuk Lanjut Studi ke Australia?

Demikian beberapa perbedaan system pendidikan Australia dan Indonesia. Semoga dapat dijadikan bahan referensi apabila kamu hendak melanjutkan pendidikan di Australia.

 

× How can I help you?