Pandemi Covid-19 yang melanda berbagai negara turut mempengaruhi kegiatan belajar mengajar. Jika di hari-hari normal permasalahan kuliah berkutat pada jadwal, maka selama Covid-19 ada tantangan tersendiri bagi mahasiswa yang menempuh pendidikan di Australia.

Lantas, persiapan apa saja yang harus dilakukan mahasiswa selama kuliah di Negeri Kangguru selama pandemi? Beberapa tips berikut ini bisa membantu mahasiswa agar perkuliahan tetap lancar.

Tips Lancar Kuliah di Australia Saat Masa Pandemi

Sistem pendidikan di Australia tak perlu diragukan lagi, karena negara ini punya sejumlah universitas terbaik dengan jurusan yang bervariatif. Namun, selama pandemi Covid-19, diterapkan kebijakan baru terkait sistem perkuliahan di negara tersebut. Biar kuliah tetap lancar, coba terapkan beberapa tips berikut ini, yuk!

Dapatkan Vaksinasi Covid-19

Sejak Desember 2021 lalu, pemerintah Australia kembali buka visa untuk pelajar internasional dan mengubah sistem pendidikan di Australia. Kabar ini tentunya jadi angin segar buat sejumlah pelajar yang berniat melanjutkan kuliah ke Negeri Kangguru. Namun, sebelum berangkat, ada persyaratan yang harus dipenuhi, yaitu mendapatkan vaksinasi penuh.

Selain jadi syarat utama bagi calon pelajar, mahasiswa luar negeri yang sedang menempuh pendidikan di Australia pun sebaiknya mendapatkan vaksinasi Covid-19 untuk memperkuat imun.

Persiapan untuk Kuliah Online dan Tatap Muka

Sebagian kampus di Australia melangsungkan sistem belajar mengajar secara online dan tatap muka dengan jumlah terbatas. Jika harus mengikuti tatap muka, pastikan untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Sementara bagi mahasiswa yang mengikuti perkuliahan secara online, lakukan persiapan secara matang agar tetap bisa mendapatkan materi. Biasanya, perkuliahan online bisa diakses melalui website universitas. Namun, hal ini kembali lagi ke kebijakan masing-masing kampus. Oleh karenanya, mahasiswa harus aktif meng-update informasi terkait pembelajaran daring.

Cermat dengan Kondisi Finansial

Salah satu problematika pendidikan di Australia selama masa pandemi adalah kondisi finansial, terutama bagi mahasiswa luar negeri yang hanya mengandalkan kiriman atau uang tabungan. Agar kuliah tetap berjalan lancar, sebaiknya atur keuangan sebaik mungkin dengan memangkas pengeluaran yang tidak penting.

Kendalikan Homesick Sampai Kondisi Benar-benar Aman

Selama pandemi, pemerintah Australia menerapkan physical distancing hingga lockdown di sejumlah wilayah dalam upaya mendukung sistem pendidikan di Australia agar tetap dapat berjalan. Tak hanya itu, penerbangan luar negeri pun juga dibatasi untuk memutus penyebaran Covid-19. Artinya, mahasiswa luar negeri yang menempuh pendidikan di Australia harus pandai mengendalikan homesick hingga kondisi benar-benar aman. Agar tak jenuh, isi waktu luang dengan aktivitas bermanfaat tanpa harus melanggar ketentuan pemerintah setempat.

Ikuti Aturan Pemerintah Setempat

Terakhir, ikuti aturan pemerintah setempat selama kuliah di Australia. Selama pandemi, pemerintah setempat punya aturan terkait mobilitas warganya, baik dengan physical distancing, lockdown, maupun pembatasan kapasitas di fasilitas umum yang mulai dibuka. Agar tetap aman, sebaiknya patuhi regulasi tersebut.

Menempuh pendidikan di negara asing saat pandemi seperti sekarang memang bukan hal mudah. Namun, jangan terlalu panik juga dalam menyikapi kondisi. Dengan sejumlah kelebihan sistem pendidikan di Australia, tak ada salahnya melanjutkan jenjang pendidikan ke Negeri Kangguru.

Agar tetap aman selama menempuh pendidikan, kamu bisa menerapkan lima tips di atas. Bila terpaksa harus bekerja part time untuk menopang finansial selama kuliah di Australia, pastikan untuk mendapatkan vaksinasi penuh, mematuhi protokol kesehatan, dan membatasi mobilitas. Dengan begitu, kamu bisa tetap aman selama menempuh pendidikan di Australia sampai tiba waktunya pulang ke tanah air nanti.

× How can I help you?