Melanjutkan pendidikan ke luar negeri jadi idaman banyak pelajar di Tanah Air. Dari banyaknya destinasi, New Zealand jadi salah satu tujuan populer meski di tengah pandemi seperti sekarang. Hal ini tak luput dari sistem pendidikan di New Zealand yang terkenal unggul dan punya prospek menjanjikan.

Usut punya usut, ternyata keunggulan sistem pendidikan di New Zealand tak sebatas ‘katanya’. Beberapa hal berikut ini membuktikan bahwa New Zealand bisa jadi pilihan alternatif untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, baik S1 maupun S2.

Sistem Pendidikan Terkemuka

Bukan hanya Finlandia yang punya sistem pendidikan terkemuka di dunia, New Zealand juga memiliki sistem pendidikan yang sangat bermutu. Negara ini memiliki sederet universitas terkemuka, seperti University of Auckland, Victoria University of Wellington, University of Otago, Lincoln University, dan masih banyak lagi.

Selain memiliki universitas bergengsi, New Zealand dikenal unggul dalam berbagai program yang menggabungkan teknologi dan kreativitas, seperti teknik, pembuatan film, maupun bangunan dan arsitektur.

 Banyak Beasiswa yang Ditawarkan untuk Kuliah di New Zealand

New Zealand mampu menarik minat pelajar asing untuk melanjutkan pendidikan di negara tersebut. Selain mutu pendidikan yang tinggi, ada banyak beasiswa untuk pelajar yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan di New Zealand, salah satunya adalah jalur beasiswa pemerintah New Zealand.

Ada juga jalur beasiswa perguruan tinggi untuk jenjang S1, S2, maupun S3, dan jalur beasiswa lainnya. Jika tertarik dengan jalur beasiswa perguruan tinggi, sebaiknya update terus informasi dari universitas tujuan serta jurusan apa saja yang menyediakan beasiswa.

 Mendidik untuk Masa Depan

Berdasarkan laporan The Economist Intelligence Unit pada tahun 2018 lalu, New Zealand berada di peringkat ketiga di dunia dalam mempersiapkan pelajar untuk menghadapi masa depan. Dibanding menuntut mahasiswa untuk menghafal informasi dari buku, sistem pendidikan di New Zealand mendorong pelajar untuk berpikir sendiri. Hal inilah yang mendorong pelajar untuk berpikir kritis dan kreatif dalam memecahkan masalah.

 Pendidikan yang Multikultural

Salah satu alasan pelajar memilih tujuan pendidikan di New Zealand adalah sistemnya yang multikultural. New Zealand merupakan salah satu negara yang terbuka terhadap kelompok etnis dan kepercayaan yang berbeda-beda. Hal ini melahirkan toleransi yang tinggi di kalangan masyarakat, sehingga pelajar dari negara asing pun merasa betah selama menempuh pendidikan di negara tersebut.

 Kesempatan Kerja Selama Kuliah

Faktor lain yang menjadikan New Zealand sebagai destinasi favorit untuk menempuh pendidikan adalah kesempatan kerja yang diberikan untuk para mahasiswa. Ada banyak pekerjaan part time untuk menambah penghasilan selama kuliah di New Zealand. Bahkan, pada masa libur kuliah, mahasiswa dapat bekerja secara full time. Saat selesai kuliah pun, mahasiswa asing juga mendapatkan kesempatan untuk menempuh karir di negara tersebut.

 Pilihan Program yang Bervariatif

Alasan terakhir kenapa sistem pendidikan di New Zealand punya daya tarik yang besar adalah pilihan program yang bervariatif. New Zealand tak hanya menyediakan beasiswa untuk universitas negeri, tapi juga menawarkan perguruan tinggi swasta dan politeknik yang tak kalah bergengsi.

Tak hanya itu, kualitas pendidikan di New Zealand kian bermutu dengan adanya pelatihan guru, wananga atau program belajar lanjutan untuk mempelajari adat dan tradisi suku Maori, dan lain sebagainya.

Gimana, sangat menarik bukan? Dengan keunggulan tersebut, New Zealand layak dijadikan destinasi untuk melanjutkan pendidikan. Namun, selama masa pandemi ini, sistem pendidikan lebih banyak dilakukan secara daring. Jadi, jika tertarik untuk kuliah di New Zealand, pastikan untuk update informasi terbaru, ya.

× How can I help you?