Biaya dan Harga Makanan di Singapore

Makan memang merupakan kebutuhan pokok setiap manusia, bahkan kini esensi dari berburu makanan itupun sudah mulai bergeser menjadi suatu wisata rekreatif. Konsep inilah yang coba ditawarkan olehSingapura. Melalui berbagai etnis yang hidup bersatu di Singapura seperti Melayu, Cina, danIndia, maka terciptalah berbagai lokasi pusat kuliner seperti Kafe Kampoeng Glam, Chinatown, dan Little India. Lokasi-lokasi ini tidak hanya menawarkan menu makanan yang lezat, tapi juga harga yang terjangkau sehingga membuat tempat ini semakin populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara.


Ambil suatu contoh di Little India, tempat yang berlokasi di sebelah timur jalan Orchard ini sangat ramai dikunjungi setiap harinya. Sepanjang lokasi ini berjajar restoran dan kafe yang menyediakan sajian dengan harga terjangkau. Di lokasi lainnya, Chinatown, yaitu suatu lokasi wisata kuliner yang sudah ada sejak lama dan hanya buka pada malam hari. Salah satu makanan favorit di Chinatown adalah satay bee hoon, hidangan asli Singapura dengan perpaduan kental cita rasa Cina dan Melayu.
Untuk menikmati santapan di Singapura, sebenarnya Anda memang harus menyediakan kocek ekstra, karena Singapura memang mematok harga kebutuhan pokok paling tinggi di Asia Tenggara. Hal ini juga didukung oleh pendapatan perkapita mereka yang lebih tinggi.

Harga makanan di Singapura bervariasi tergantung jenis makanan dan lokasinya. Untuk sekali makan, Anda biasanya harus menyediakan minimal 3 SGD (sekitar Rp 28.000) per-porsinya untuk makanan sekelas warung berisi nasi, lauk, dan sayur. Sedangkan untuk minumannya, adalah mulai dari 1 SGD hingga 3 SGD (Rp 10.000 hingga Rp 28.000). Untuk menu masakan melayu, biasanya mulai dari 3 SGD, sedangkan untuk masakan china rata-rata dipatok mulai 5 SGD hingga 10 SGD (Rp 47.000 hingga Rp 93.000) per-porsinya, begitu juga dengan masakan India. Di lokasi Little India misalnya, harga setiap makanan di Little India dibanderol dengan harga mulai 5 USD (sekitar Rp 60.000).
Jika Anda tidak memiliki uang lebih untuk membeli minuman, maka Anda tidak perlu khawatir karena air keran di seluruh Singapura bisa langsung diminum. Selain itu beberapa tempat di Singapura juga menyediakan air minum gratis yang bisa Anda masukkan ke dalam wadah yang Anda bawa. Namun jika Anda lebih ingin membeli air mineral, maka harganya jauh lebih mahal daripada di Indonesia. Di Singapura, harga untuk 1 botol air mineral kemasan isi 1,5 liter adalah 2, 5 SGD (Rp 24.000).

× How can I help you?