Sistem pendidikan australia

Sistem pendidikan australia

Pada saat memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di Australia, maka anda akan mendapatkan kualitas pendidikan yang cukup baik dengan adanya pengakuan Internasional tentang sistem pendidikan Australia.

Ketika melanjutkan pendidikan di Australia sudah pasti anda akan mendapatkan pendidikan berkualitas yang disertai kemungkinan untuk mendapatkan peluang bekerja dan berkarir yang sangat luas.

Dengan penerapan sistem metodologi yang mengutamakan kepada penelitian dan juga beragam pelatihan yang menunjang pendidikan inilah yang telah menjadikan sistem pendidikan di Australia menjadi cukup populer dan menjadi salah satu pilihan bagi pelajar Indonesia.

Keunggulan dalam sistem akademik, kehidupan di dalam kampus, dan dukungan instruktur yang berkualitas adalah alasan utama lain di balik peringkat universitas Australia di Peringkat Dunia QS dan Peringkat Times Higher Education secara konsisten.

Sistem pendidikan di Australia Ini memiliki kurikulum yang terstruktur dengan baik yang berfokus pada berbagai keterampilan seperti berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, literasi, kemampuan berpikir analitis, pemahaman etis dan banyak lagi.

Selain itu, Australia menawarkan berbagai kursus – Anda dapat memilih dari 22.000 jenis kursus yang tersedia di lebih dari 1.100 institusi; dan menjadi tuan rumah bagi lima kota pelajar terbaik di dunia termasuk Sydney, Melbourne, Adelaide, Perth, dan Brisbane.

Kerangka Kualifikasi Australia (AQF)

Faktor unik dari sistem pendidikan Australia adalah penerapan Kerangka Kualifikasi Australia (Australian Qualifications Framework (AQF), kebijakan nasional yang ditetapkan pada tahun 1995 yang menetapkan standar kualifikasi untuk sektor pendidikan tersier (pendidikan tinggi, pendidikan kejuruan dan pelatihan) selain sekolah sertifikat cuti, yang disebut Sertifikat Pendidikan Menengah Atas. Dengan AQF, gelar Anda diakui dan disahkan oleh pemerintah.

Di bawah AQF, ada 10 tingkat yang menghubungkan berbagai sekolah, perguruan tinggi, universitas dan lembaga pendidikan dalam satu sistem nasional tunggal.

Tingkat studi di Australia

Sistem pendidikan di Australia terdiri dari tiga tingkat dengan tingkat pendidikan dasar, menengah dan tinggi. Berikut ini ikhtisar tentang berbagai tingkat dan kualifikasi yang tersedia menurut AQF.

Tingkat dan kualifikasi sesuai Kerangka Kualifikasi Australia (AQF)

Sistem Pendidikan Australia

Source: https://www.aqf.edu.au/aqf-levels

Tingkat pendidikan tertinggi di Australia adalah tingkat universitas. Anda dapat memilih dari 43 universitas, 40 di antaranya didanai pemerintah, dua universitas internasional dan satu universitas swasta. Anda dapat memilih program sarjana atau pascasarjana yang dapat terdiri dari program sertifikat, diploma pascasarjana, magister dan doktoral.

Siswa juga dapat mendaftar untuk kursus kejuruan yang berfungsi sebagai pintu gerbang ke pendidikan universitas atau industri untuk bekerja. Kursus-kursus ini berfokus pada keterampilan praktis dan pelatihan industri dan ditawarkan oleh lembaga yang didanai pemerintah (termasuk TAFE – Pendidikan Teknis dan Lanjutan) dan perusahaan swasta.

Pendidikan yang lebih tinggi

Level atau jenjang pendidikan yang tinggi yaitu sarjana, master dan doktor telah dipersiapkan dengan baik dengan bekal kemampuan olah pikir dan juga kemampuan pribadi. Keterampilan dan pengetahuan yang diperoleh pada tingkat ini membuat siswa siap untuk bekerja di industri pada akhirnya.

Perkiraan biaya kuliah

Biaya kuliah rata-rata di salah satu perguruan tinggi Australia berkisar antara AUD$20.000 dan AUD$30.000 setahun. Disamping itu peluang untuk dapat bekerja magang pun sangat banyak tersedia di Australia.

VET/Vocational and Technical Schools (Sekolah Kejuruan dan Teknik)

Sistem pendidikan Australia memungkinkan siswanya untuk mendaftar ke kursus kejuruan yang memungkinkan mereka melewatkan pendidikan universitas dan melamar langsung ke pekerjaan.

Kursus-kursus ini terutama berfokus pada pembelajaran praktis dan keterampilan industri tidak seperti kursus reguler yang sangat bergantung pada pengetahuan teoritis dan mendalam.

Banyak sekolah menyediakan kursus di bidang pendidikan teknik dan lanjutan (TAFE) dan pendidikan dan pelatihan kejuruan (VET).

Perlu diingat bahwa kursus kebanyakan memberikan sertifikasi, diploma, atau diploma lanjutan. Beberapa industri populer yang dapat dilihat oleh siswa VET termasuk manufaktur, perhotelan, olahraga, pariwisata, bisnis, dan pemasaran.

× How can I help you?