Mendapatkan beasiswa merupakan suatu prestasi tersendiri bagi mahasiswa. Saat ini, kesempatan untuk memperoleh beasiswa semakin besar. Para mahasiswa juga semakin mudah mendapatkan informasi beasiswa dari website kampus atau media sosial lainnya.


Web : http://www.aid.govt.nz/funding-and-contracts/scholarships/eligible-countries/indonesia
Buat para mahasiswa baru, enggak ada salahnya mulai mencari dan membidik beasiswa dari awal semester. Bingung caranya? Simak tips berikut.


Rajin cek website kampus
Pengumuman pembukaan beasiswa biasanya tersedia di website kampus. Oleh karena itu, kamu harus sering mengecek informasi beasiswa di sana. Jika kamu memenuhi kriteria untuk menerima suatu beasiswa, jangan ragu untuk daftar ya!


Buat esai
Beberapa program beasiswa mensyaratkan penerimanya untuk membuat esai terlebih dahulu. Jadi, mulai sekarang kamu harus mulai berlatih dan membiasakan diri membuat esai atau tulisan ilmiah lainnya.


Dekat dengan dosen
Sejak jadi mahasiswa, usahakan kamu memiliki hubungan yang baik dengan dosen. Dengan memiliki hubungan yang baik, kamu akan lebih mudah mendapatkan rekomendasi beasiswa dari dosen tersebut. Bahkan, kamu juga bisa mendapatkan tawaran beasiswa langsung dari dosen itu.


Siapkan dokumen pendukung
Beberapa dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan beasiswa, antara lain transkrip nilai, slip gaji orangtua, kartu keluarga, dan surat rekomendasi dosen. Pastikan kamu memiliki salinan dokumen-dokumen tersebut, sehingga saat ada pembukaan beasiswa kamu bisa langsung mendaftar.


Komitmen
Mendapatkan beasiswa artinya kamu berkomitmen dengan persyaratan yang diberikan. Misalnya, kamu harus bisa mempertahankan IPK di semester berikutnya agar beasiswamu tidak dicabut. Selain itu, kamu juga harus bisa mempertanggungjawabkan dokumen yang kamu berikan itu asli dan tidak dimanipulasi.

× How can I help you?