Estimasi Biaya Hidup Di Amerika Serikat untuk Mahasiswa

Serikat merupakan Negara adidaya dengan pendapatan perkapita penduduknya mencapai USD 42.000 per tahun (setara Rp 556 juta per tahun). Dengan pendapatan perkapita sebesar itu, tampaknya butuh biaya yang juga tidak sedikit untuk sekedar mencukupi biaya hidup di Amerika Serikat.


Bagi Anda yang kebetulan sedang merencanakan akan menempuh pendidikan di Negeri Paman Sam ini, sebaiknya lebih cermat dalam menghitung biaya yang akan Anda butuhkan. Berikut rinciannya,


Biaya Tempat Tinggal
Bagi mahasiswa disarankan untuk tinggal di asrama kampus. Selain lebih hemat, Anda akan merasakan manfaat lain diantaranya Anda akan dlebih mudah bersosialisasi dan lebih aktif dalam kegiatan kampus. Biaya sewa di asraa kampus biasanya sudah termasuk dengan biaya sewa peralatan dan makanan.


Salah satu contoh kampus, Cornell University mematok harga sewa sebesar USD 9,180 (setara Rp 121,35 juta) pertahun untuk sewa sebuah kamar single termasuk dengan peralatannya. Sedangkan di Pennsylvania State University, biayanya sekitar USD 2,595 (Rp 34,3 juta) per semester untuk kamarsharing di asrama dan USD 3,060 (Rp 40,45 juta) untuk suite dua kamar yang dilengkapi dengan kamar mandi dalam.


Jika Anda ingin memiliki tempat tinggal di luar area kampus, maka dapat memilih tipe flat atauapartemen. Di New York, apartemen untuk pelajar dihargai USD 1,800 (Rp 23,8 juta) per bulan, sedangkan di Colorado cenderung leih murah, yakni USD 1,040 (Rp 13,75 juta) perbulannya.

Biaya Makanan


Di Amerika Serikat, mahasiswa lebih suka membeli makanan di supermarket lokal seperti Walmart, karena harganya cenderung lebih terjangkau. Sebuah Burger Big Mac dihargai USD 4.20 (Rp 55.000) per porsinya. Sedangkan bahan konsumsi lainnya yang biasa dibeli oleh mahasiswa diantaranya adalah Susu UHT ( USD 2/2,3L), Roti (USD 1.30), Fillet daging ayam (USD 9.49/ 680 gram), Spaghetti (USD 1.48/ 454 gram), dan Telur (USD 4/12 butir).


Biaya Transportasi
Sistem transportasi di setiap negara bagian Amerika Serikat umumnya berbeda baik secara servis maupun biayanya. Letak kebanyakan kampus biasanya juga jauh dari pusat kota, sehingga Anda akan sering menggunakan fasilitas transportasi umum.


Beberapa moda transportasi yang dapat digunakan adalah kereta api dan bis lokal. Untuk 1 kali perjalanan menggunakan kereta api atau bis lokal di New York misalnya, penumpang akan dikenakan tarif USD 2.5 perorang, sedangkan untuk menggunakan Metrocard (perjalanan sepuasnya, berlaku selama 1 bulan) akan dikenakan tarif USD 112. Mahasiswa biasanya akan diberikan Pass tersendiri yang dikenakan tarif USD 62.75 / 30 hari.


Biaya Rutin lainnya
Biaya ini termasuk dalam kebutuhan non primer seperti pulsa, internet, makan di luar, mennton bioskop, dan lain-lain. Berikut rincian dari beberapa diantaranya,
•    Internet perbulan (jika tidak tersedia) USD 50/ bulan
•    Pulsa (bicara sepuasnya, sms, web, data) USD 50/ bulan
•    Menu camilan atau minuman di café, rata-rata USD 3.25/porsi
•    Menu makanan di resto menengah, rata-rata USD 25/porsi
•    Tiket bioskop (tanpa diskon mahasiswa) USD 8.40/orang

× How can I help you?