Living Cost

New Zealand atau yang kita kenal dengan Selandia Baru merupakan Negara di belahan bumi selatan yang menjadi salah satu Negara tujuan pelajar dari luar negeri untuk menuntut ilmu. Negara yang beribukota di Wellington ini terdiri dari 2 pulau utama yang disebut North Island danSouth Island dengan populasi penduduk tak lebih dari 4 juta jiwa.
Di New Zealand terdapat berbagai pilihan tempat tujuan untuk meneruskan studi seperti universitas, politeknik, maupun akademi. Jika bicara tentang biaya hidup (living cost) Anda boleh besenang hati karena biaya hidup di New Zealand tidak akan semahal di Negara-negara maju lainnya layaknya Inggris, Jerman, Jepang, dan Amerika yang sangat menguras tabungan.


Akan ada beberapa item biaya yang harus dipersiapkan, yang terbagi menjadi biaya primer, sekunder, dan tersier. Biaya Primer adalah termasuk biaya sekolah / kuliah, biaya makan sehari-hari, biaya sewa tempat tinggal. Sedangkan untuk uang saku dan biaya pembelian fasilitas penunjang pendidikan seperti buku, alat praktikum, serta biaya asuransi kesehatan. Biaya tersier seringkali dikesampingkan seperti biaya berlibur atau berbelanja kebutuhan non-pokok.


Ambil saja contoh biaya kuliah untuk jenjang sarjana atau bachelor yang rata-rata biaya yang diperlukan  sekitar 12.000 hingga 20.000 NZD, sedangkan untuk biaya kuliah jenjang master (pascasarjana), biaya yang dibutuhkan relative lebih tinggi yaitu sekitar 14.000-24.000 NZD per tahun. Sedangkan untuk kebutuhan makanan sehari-hari, Anda dapat mengandalkan makanan cepat saji yang dihargai sekitar 9 – 15 NZD untuk sekali makan, jika Anda punya uang lebih bolehlah sesekali mampir ke restoran yang lebih sehat. Pilihan terbaiknya adalah tetap dengan memasak makanan sendiri untuk memastikan uang belanja bulanan tidak membengkak.


Di New Zealand, pelajarnya rata-rata tinggal di sebuah flat (apartemen) untuk sendiri maupun berdua dengan biaya sekitar 150-200 NZD per bulannya, jika butuh koneksi Internet biasa dengan menambahkan biaya pengadaan internet sekitar 85 NZD perbulannya. Biaya asurasi diperlukan untuk berjaga-jaga apabila ada masalah dengan kesehatan. Dalam sebulan, biaya kesehatan yang diperlukan adalah sebesar 25 hingga 60 NZD.


Sedangkan biaya untuk membeli barang-barang kebutuhan non-primer dan hiburan juga lumayan terjangkau di New Zealand. Misalnya untuk membeli 1 tiket nonton bioskop adalah seharga 12 NZD. Jika ingin ngopi dan bercengkrama dengan teman, harga segelas kopi susu di cafe dihargai sebesar 4 NZD.

× How can I help you?