Sistem pendidikan Amerika menawarkan banyak pilihan untuk mahasiswa internasional. Ketika Anda memulai pencarian, mahasiswa dapat kewalahan dalam memilih universitas yang akan dituju, program apa yang dipilih, serta lokasi. Oleh karena itu sangatlah penting untuk mengenal sistem pendidikan di Amerika. Pemahaman sistem ini akan membantu Anda untuk mempersempit pilihan studi serta membangun rencana studi Anda.


Struktur Pendidikan


SEKOLAH PRIMER DAN SEKUNDER
Untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, pelajar Amerika memasuki sekolah primer dan sekunder dalam waktu 12 tahun. Tahun-tahun ini disebut sebagai grade (kelas) 1 sampai 12. Sekitar umur 6 tahun, anak-anak A.S. memulai sekolah primer, yang disebut sebagai “elementary school (sekolah dasar).” Mereka memasuki sekolah dasar selama lima atau enam tahun dan kemudian dilanjutkan dengan sekolah sekunder.
Sekolah sekunder terdiri dari dua program: program pertama adalah “middle school (sekolah menengah)” atau “junior high school (sekolah menengah pertama)” dan program kedua adalah “high school (sekolah menengah atas).” Pelajar mendapatkan diploma atau sertifikat setelah lulus dari high school. Setelah lulus high school (grade 12), pelajar A.S. dapat melanjutkan ke college (perguruan tinggi 2-tahun) atau universitas. College atau universitas dikenal sebagai “higher education (pendidikan tinggi).”

SISTEM PENILAIAN


Seperti layaknya pelajar Amerika, Anda harus mengirimkan transkrip akademik sebagai bagian dari pendaftaran untuk penerimaan masuk ke universitas atau college. Transkrip akademik yang memenuhi syarat adalah pernyataan resmi dari nilai akademik Anda. Di A.S., transkrip akademik termasuk “grade (nilai)” dan “Grade Point Average (GPA)/Index Prestasi Kumulatif (IPK), yang merupakan ukuran dari pencapaian akademik Anda. Mata pelajaran biasanya dinilai dengan menggunakan persentase, yang nantinya akan diubah ke dalam penilaian huruf.
Sistem penilaian dan GPA di A.S. bisa membingungkan, khususnya untuk mahasiswa internasional. Interpretasi penilaian mempunyai banyak variasi. Sebagai contoh, dua pelajar yang memasuki sekolah yang berbeda mengirimkan transkrip mereka ke universitas yang sama. Mereka sama-sama mempunyai GPA 3,5, tetapi pelajar pertama memasukihigh school yang biasa-biasa saja, sedangkan pelajar kedua memasuki sekolah yang berprestasi. Universitas dapat menginterpretasi nilai GPA mereka secara berbeda karena kedua sekolah mempunyai perbedaan standar yang dramatis.


Oleh karena itu, ada beberapa hal penting yang perlu diingat:
•    Anda harus mencari informasi tentang penilaian A.S. yang sepadan dengan tingkat terakhir pendidikan yang telah Anda selesaikan di negara asal Anda.
•    Beri perhatian lebih untuk persyaratan-persyaratan penerimaan masuk dari setiap universitas dan college, serta program sarjana individu, yang bisa saja mempunyai persyaratan yang berbeda dari universitas.
•    Bertatap muka secara teratur dengan penasihat pendidikan atau konselor untuk meyakinkan apakah Anda memenuhi semua persyaratan.
Penasihat pendidikan atau konselor dapat memberikan bimbingan untuk memutuskan apakah Anda harus menghabiskan tambahan waktu sebanyak satu atau dua tahun untuk persiapan penerimaan masuk universitas ataucollege A.S. dalam memenuhi persyaratan untuk memasuki universitas di negara asal mereka, beberapa instansi pemerintah dan perusahaan tidak mengenal pendidikan A.S.

Tahun Akademik


Kalender perkuliahan biasanya dimulai pada bulan Agustus atau September dan dilanjutkan sampai bulan Mei atau Juni. Sebagian besar mahasiswa baru memulai pada musim gugur, jadi sebaiknya mahasiswa internasional juga memulai pada saat yang bersamaan. Awal-awal masa perkuliahan, merupakan saat-saat yang menyenangkan bagi mahasiswa. Merupakan saat-saat dimana Anda akan menemukan teman-teman baru, dimana semua masih dalam penyesuaian diri dengan fase baru dalam kehidupan akademik mereka. Sebagian besar mata perkuliahan dirancang untuk mahasiswa untuk diambil secara berurutan, dimulai dari musim gugur dan kemudian dilanjutkan sepanjang tahun.
Tahun akademik terdiri dari dua term yang disebut sebagai “semester.” (beberapa perguruan tinggi menggunakan tiga term kalender yang disebut sebagai sistem “trimester”). Sebagian lagi menggunakan sistem kuarter dari empat term, termasuk sesi pilihan musim panas. Pada dasarnya, Anda tidak menghitung sesi musim panas, tahun akademik terdiri dari dua semester atau tiga term kuarter.


Sistem Pendidikan Tinggi A.S.: Tingkat Pendidikan


Tingkat Pertama: Undergraduate (S1)
Mahasiswa yang memasuki college atau universitas dan tidak memperoleh gelar bachelor (S1), menempuh pendidikan di tingkat undergraduate. Diperlukan waktu rata-rata empat tahun untuk memperoleh gelar bachelor. Anda dapat memulai pendidikan untuk mengejar gelar bachelor di community college (perguruan tinggi 2-tahun) atau di universitas atau college bermasa studi 4-tahun.


Dalam dua tahun pertama, Anda akan diwajibkan untuk mengambil kelas-kelas dalam mata kuliah yang berbeda, yang dikenal sebagai mata kuliah prasyarat: literatur, sains, ilmu sosial, seni, sejarah, dan lain sebagainya. Ini akan membantu Anda dalam mendapatkan pengetahuan secara umum, sebagai dasar untuk mengkhususkan diri dalam bidang studi yang lebih spesifik.


Banyak mahasiswa yang memilih community college untuk melengkapi dua tahun pertama mata kuliah prasyarat. Mereka akan memperoleh gelar transfer Associate of Arts (AA) dan kemudian dapat mentransfer ke universitas ataucollege bermasa studi 4-tahun.


“Major (jurusan)” adalah bidang studi spesifik dimana pendidikan Anda akan lebih diarahkan. Sebagai contoh, jika majorseseorang adalah jurnalisme, mereka akan memperoleh gelar Bachelor of Arts in Journalism (Sarjana Seni di Jurnalisme). Anda akan diwajibkan untuk mengambil beberapa mata kuliah dalam bidang ini dalam memenuhi persyaratan memperoleh gelar di major tersebut. Anda harus memilih major Anda pada permulaan tahun ke-3.
Sistem pendidikan Amerika mempunyai karakter yang sangat unik yaitu Anda dapat merubah major Anda lebih dari satu kali. Sangatlah wajar untuk mahasiswa Amerika untuk mengganti major karena mereka lebih unggul atau lebih berminat dalam bidang tertentu pada suatu waktu dalam studi undergraduate mereka. Meskipun sistem pendidikan Amerika sangat fleksibel, perlu diperhatikan bahwa dalam penggantian major mereka bisa saja harus mengambil mata kuliah lagi, yang berarti akan memakan waktu dan biaya yang lebih banyak.
Tingkat Kedua: Graduate (Pascasarjana) untuk mengejar Gelar Master (S2)


Saat ini, college atau lulusan universitas dengan gelar bachelor harus berpikir secara serius tentang pendidikangraduate untuk memasuki profesi khusus atau untuk meningkatkan karir mereka. Gelar ini biasanya merupakan mandatori untuk posisi yang lebih tinggi dalam ilmu perpustakaan, teknik mesin, behavioral health (kesehatan perilaku) dan pendidikan.
Selanjutnya, mahasiswa internasional dari beberapa negara hanya diijinkan untuk menempuh pendidikan di luar negeri dalam tingkat graduate. Anda harus menyelidiki kebutuhan-kebutuhan kredensial untuk mendapatkan pekerjaan di negara Anda sebelum mendaftar ke universitas postgraduate (S3) di A.S.


Program graduate biasanya divisi dari universitas atau college. Untuk menambah kesempatan dalam penerimaan masuk, Anda perlu mengambil GRE (Pengujian Nilai Pascasarjana). Beberapa program master mewajibkan nilai tertetntu, seperti LSAT untuk hukum, GRE atau GMAT untuk bisnis, dan MCAT untuk kedokteran.
Program graduate untuk mengejar gelar master pada umumnya memakan waktu satu atau dua tahun. Sebagai contoh, MBA (Master Bisnis) adalah program yang sangat populer yang dapat memakan waktu dua tahun. Program-program master lainnya seperti jurnalisme, hanya memakan waktu satu tahun.


Sebagian besar program-program master diajarkan di ruang kelas dan mahasiswa graduate harus mempersiapkan karangan yang cukup panjang yang dinamakan “master’s thesis (tesis master)” atau melengkapi “master’s project(proyek master).”


Tingkat Ketiga: Graduate (Pascasarjana) untuk mengejar Gelar Doctorate (Doktoral/S3)


Pencapaian gelar master merupakan langkah pertama untuk memperoleh gelar PhD (doctoral). Di beberapa perguruan tinggi, mahasiswa bisa memasuki jenjang doktoral tanpa memperoleh gelar master. Gelar PhD bisa diperoleh dalam waktu tiga tahun atau lebih. Untuk mahasiswa internasional, bisa memakan waktu lima atau enam tahun.
Dalam dua tahun pertama, sebagian besar kandidat doktoral mendaftar untuk kelas-kelas dan seminar. Setidaknya untuk satu tahun dihabiskan untuk penelitian dan menulis tesis atau disertasi yang terdiri dari pandangan, rencana, atau penelitian yang belum pernah dipublikasikan.


Disertasi doktoral adalah diskusi dan kesimpulan dari topik yang diberikan. Sebagian besar universitas yang mempunyai program doktoral juga mewajibkan kandidat mereka untuk mempunyai kemampuan membaca dalam dua bahasa asing, untuk menghabiskan waktu yang diwajibkan “in residence (dalam kediaman),” untuk lulus dalam tes yang diberikan kepada kandidat ke program PhD, dan untuk melewati tes oral dalam topik yang sama dengan disertasi.

× How can I help you?