World Trade Center di New York City (secara informal kadang disebut WTC atau Menara Kembar) adalah suatu kompleks yang terdiri dari tujuh bangunan, sebagian besar didesain oleh arsitek Jepang-Amerika, Minoru Yamasaki dan dibangun oleh Port Authority of New York and New Jersey. Pembangunannya dirintis oleh Lower Manhattan Association yang didirikan dan diketuai oleh David Rockefeller, dengan dukungan kuat dari saudaranya, Nelson Rockefeller, yang kelak menjadi gubernur New York.


Kompleks yang berlokasi di jantung pusat distrik finansial New York City ini memiliki 1.24 juta m² ruang perkantoran, hampir empat persen dari keseluruhan luas ruang perkantoran yang tersedia di Manhattan. World Trade Center yang dikenal dengan Menara Kembar 110 lantainya ini mengalami kebakaran pada 13 Februari 1975 dan serangan bom pada 26 Februari 1993. Ketujuh bangunan asli kompleks hancur pada Serangan 11 September 2001: WTC 1, WTC 2 (Menara Utara dan Selatan), dan WTC 7 runtuh; WTC 3 (Hotel Marriott) hancur karena runtuhnya WTC 1 dan WTC 2; sedangkan WTC 4, WTC 5, dan WTC 6 mengalami kerusakan yang tak dapat diperbaiki hingga akhirnya terpaksa dihancurkan.

World Trade Center 1 (Menara Utara)


World Trade Center 1 atau Menara Utara selesai dan dibuka pada tahun 1972 dengan ketinggian 417 m ( 1.368 kaki), dan memiliki antena telekomunikasi di atapnya dengan ketinggian 360 kaki. Alamat bangunan ini World Trade Center 1 dengan Kode Pos 10048. Bangunan ini hancur bersama dengan Menara Selatan pada Serangan 11 September 2001.Menara Utara adalah menara pertama yang ditabrak pesawat pada pukul 08:46 dan menara pertama ini runtuh pada 10:28. Tidak ada seorang pun selamat di lantai 92.
Pada lantai 106 dan 107 dari bangunan ini adalah sebuah restoran yang terkenal yang disebut Windows on the world. Karena radiasi dari radio dan TV transmisi, bagian atap hanya bisa diakses oleh staf tertentu.


World Trade Center 2 (Menara Selatan)[sunting | sunting sumber]
World Trade Center 2 atau Menara Selatan selesai dan dibuka tahun 1973 dengan ketinggian 415 meter ( 1.362 kaki) , dibedakan dari Menara utara oleh dek observasi dan tidak adanya antena televisi. Alamat bangunan ini World Trade Center 2 dengan Kode Pos 10048. Menara ini hancur bersama dengan Menara Utara (World Trade Center 1) pada Serangan 11 September 2001. Menara Selatan adalah menara kedua yang ditabrak pesawat dan menara kedua ini runtuh pada 10:05.
Di lantai 107 gedung ini merupakan atraksi wisata yang populer disebut Top of the World Trade Center Observatories. Atap Menara Selatan adalah dek pengamatan yang dapat diakses oleh publik dan helipad yang berada di tengah atap.

World Trade Center 3 (Hotel Marriot World Trade Center)


World Trade Center 3 atau Marriott World Trade Center adalah bangunan hotel berlantai 22 dengan 825 kamar. Dibuka pada tahun 1981 sebagai International Vista dan terletak di Komplek World Trade Center di New York City. Vista adalah nama merek di mana hotel Hilton International dioperasikan di Amerika Serikatselama periode berjalan ketika mereka adalah perusahaan terpisah dari Hilton Hotels Corporation. Vista Hotel adalah hotel pertama yang dibuka di Lower Manhattan sejak 1836. Bangunan ini dirancang oleh Skidmore, Owings & Merrill dan awalnya dimiliki oleh Port Authority of New York dan New Jersey. Bangunan ini dijual pada tahun 1995 kepada Host Marriott Corporation setelah Gubernur George Pataki di New York dan Christine Todd Whitman New Jersey ditekan pejabat Port Authority untuk menjual aset yang kurang menguntungkan.


Hotel ini terhubung ke Menara Utara dan Menara Selatan dan banyak orang melalui hotel untuk menuju ke Twin Towers. Hotel ini memiliki beberapa perusahaan termasuk Greenhouse Cafe, Tall Ships Bar & Grill, Times Square Gift, The Rusia House Restaurant dan Grayline New York tours bus ticket counter, sebuah gym dan sebuah salon rambut bernama Olga. Hotel ini juga memiliki 26.000 kaki persegi (2.400 m2) ruang pertemuan, dan dianggap sebuah hotel empat-berlian oleh AAA.


World Trade Center 4
World Trade Center 4 adalah bangunan kantor rendah berlantai 9 di sudut tenggara Komplek World Trade Center di Lower Manhattan, New York City. Bangunan ini rusak sebagai akibat dari Serangan 11 September 2001 dan kemudian dihancurkan.
Penyewa utama bangunan ini adalah Deutsche Bank ( Lantai 4, 5 , dan 6) dan New York Board of Trade (Lantai 7,8, dan 9).


World Trade Center 5
World Trade Center 5 adalah bangunan rendah berlantai 9. dibangun pada tahun 1970-1972 di World Trade Center New York. Bangunan ini mengalami kerusakan parah dan keruntuhan parsial pada lantai atas sebagai akibat dari Serangan 11 September 2001. Seluruh bangunan dihancurkan pada bulan Januari2002 sebagai bagian dari proyek penghapusan World Trade Center.


WTC 5 adalah sebuah gedung perkantoran berbingkai baja. Struktur bangunan ini berbentuk ” L ” dan menempati sudut timur laut dari komplek World Trade Center. Secara keseluruhan dimensi adalah 330 dengan 420 ft (100 dengan 130 m ), dengan luas rata-rata sebesar 120.000 kaki persegi ( 11.000 m² ) per lantai.
Penyewa (Lantai ditunjukkan dalam tanda kurung)

× How can I help you?