Kamu memiliki impian untuk melanjutkan belajar di luar negeri? Negara Australia merupakan jawabannya. Negara ini dikenal dengan Negara yang memiliki kualitas bagus dalam bidang pendidikan yang memiliki universitas bagus di dunia. Selain dari pada itu fasilitas yang terdapat di sana sangat terjamin sehingga membuat para mahasiswa sangat betah dan nyaman.

Persiapan study di Australia juga sangat penting sebelum kamu memutuskan untuk pergi belajar di sana. Tentunya agar impian kamu menjadi kenyataan dan menyenangkan kamu perlu mempersiapkan beberapa hal sebelum pergi. Salah satunya ialah visa persiapan studi Australia.

Persiapan Studi ke Australia

Di bawah ini merupakan hal-hal yang perlu dilakukan saat persiapan study di Australia, ialah sebagai berikut.

Memastikan dan tahu universitas atau kota tujuan

Tentunya kamu perlu tahu program studi apa yang akan kamu ambil dalam universitas tersebut, kemudian kamu baru mencari universitas yang memiliki jurusan tersebut dengan kualitas yang baik dan akreditasi yang baik pula. Atau kamu juga bisa mencari kota yang memiliki budget sesuai dengan budget kamu, lalu kamu baru saja mencari universitas yang memiliki program studi yang kamu inginkan. Selanjutnya kamu perlu mencari tahu apa saja persyaratan yang harus kamu persiapkan saat akan masuk ke dalam universitas tersebut.

Pemilihan kota ini juga sangat penting, apalagi di Australia sendiri memiliki kampus-kampus yang sangat besar dan baik sehingga kamu hanya perlu memilih dan pilih kotanya. Karena nanti saat kamu kuliah di sana tentunya kamu juga akan mengelilingi kotanya, sehingga cari kota yang bisa membuat kamu nyaman. Apabila kamu merupakan orang yang sangat menyukai tantangan dan mandiri, maka kamu bisa mencari kota dengan populasi warga Indonesia yang sedikit. Namun apabila kamu merupakan orang yang kurang bisa beradaptasi dengan orang baru maka kamu bisa mencari kota yang memiliki warga Negara Indonesia yang banyak sehingga bisa membimbing kamu untuk belajar.

Peluang mendapatkan beasiswa di Australia

Sama seperti Negara yang lainnya disini Australia juga memberikan beasiswa bagi mahasiswa internasional di negaranya, baik itu merupakan beasiswa dari pemerintah maupun beasiswa dari swasta. Bahkan saat ini juga terdapat beasiswa kerjasama dari Indonesia-Australia bagi calon mahasiswa dari Indonesia yakni Australian Awards, Australia-Indonesia Alumni Forum, dll.

Biaya kuliah, hidup, serta bukti kemampuan

Persiapan studi lanjut juga salah satunya harus mempersiapkan biaya hidup yang tinggi. Jadi selain biaya pendidikan kamu juga harus mempersiapkan biaya hidup disana jadi mulailah menabung dan berhemat. Hal yang perlu kamu keluarkan saat kuliah di luar negeri yakni biaya kuliah, biaya hidup, uang transportasi, dan lain sebagainya.

Wajib memiliki pernyataan GTE

Persiapan studi di Australia syarat yang tidak kalah penting dari bukti keuangan adalah kamu harus memiliki pernyataan GTE (Genuine Temporary Entrant) yang merupakan persyaratan penting dan baru di Australia. Nantinya kamu akan melakukan wawancara dengan pihak imigrasi di Australia dan kamu juga harus mampu menjelaskan apa saja tujuan kamu datang ke Australia yang pasti untuk menuntut ilmu atau kuliah disana.

Pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul biasanya tujuan datang ke Australia untuk apa, mengapa memilih Negara Australia, bukti keuangan, mengapa jurusan itu yang kamu pilih, dan apa tujuan kamu setelah kuliah di Australia. Selanjutnya dari pihak imigrasi Australia akan mengecek kamu apakah pernah melakukan kejahatan buruk atau tidak. Pastikan bahwa jawaban kamu merupakan jawaban yang mantap dan percaya diri sehingga tidak akan menimbulkan kecurigaan terhadap pihak dari imigrasi Australia.

Visa belajar di Australia

Untuk tinggal di luar negeri tentunya kamu memerlukan visa, begitu juga di Australia. Namun sebagai mahasiswa kamu perlu memiliki visa belajar. Tanpa kamu memiliki kartu belajar maka kamu tidak bisa sekolah di Australia, meskipun kamu telah memiliki persyaratan yang lengkap.

Orang tua asuh jika belum berusia 18 tahun

Persiapan studi di Australia yang selanjutnya ialah jika kamu belum berusia 18 tahun maka kamu harus tahu apakah universitas yang kamu daftar mau menerima kamu atau tidak. Biasanya kampus disana akan mewajibkan kamu memiliki orang tua asuh di Australia untuk menjadi wali mahasiswa saat kamu belajar di sana.

Wajib memiliki skor IELTS yang bagus

Australia merupakan Negara yang menggunakan bahasa Inggris dalam kesehariannya, sehingga kamu juga perlu fasih dan paham dalam berbahasa inggris. Jadi mulai dari sekarang ikutlah les-les bahasa inggris agar bisa lolos dalam ujian tes. Tes IELTS ini perlu kamu ikuti agar bisa memiliki skor dan bisa menjadi mahasiswa Australia. Persiapan studi di Australia ini juga merupakan hal yang sangat penting setidaknya kamu memiliki skor 6 dari skor maksimal yaitu 9.

× How can I help you?