Bila Anda Ingin Kerja dan Tinggal di Amerika

Menabung dan kerja partime. Ini kedengarannya sederhana, tapi sangat krusial. Ingatlah ini negeri orang, yang mungkin saudara dan teman saja Anda tidak punya. Dan lagi, biaya hidupnya sangatlah besar. Memang di beberapa tempat Anda bisa ‘merdeka’ dari kerinduan akan makanan Indonesia, misalnya di California, Florida, dan New Jersey serta Philadelphia. Di beberapa state ini sangat mudah sekali mendapatkan makanan Indonesia. Rumah-rumah makan Indonesia juga gampang dijumpai di beberapa tempat itu. Masalahnya harganya tetaplah mahal, sudah memakai ukuran harga di sana. Saya makan nasi goreng spesial ada yang harganya 25 USD satu piring (setara Rp. 250.000,-). Bubur Manado (tinutuan) yang di Indonesia harganya hanya 15 – 20 ribu di sana dijual sama 15 – 20 hanya saja dalam hitungan USD (jadi setara 150 -120 ribu satu piring). Begitulah. Jadi kalau bisa hemat dalam soal makan, mendingan beli bahan-bahannya dan masak sendiri. Sangat jauh lebih bisa berhemat. Makanya belajar masak dululah biar mantap. Save your pennies! Also save your dimes and nickels.


Kenapa kerja part time itu penting? Uang memang bukan segalanya, tetapi segalanya itu butuh uang. Bayangkan saja kalau Anda yang datang dari keluarga ekonomi pas-pasan, yang kemudian dapat kesempatan sekolah di sana, jelas kerja part time itu akan sangat membantu dari segi keuangan. Banyak kesempatan untuk kerja part time. Misalnya dengan menjadi loper, kerja di pompa bensin, jaga bioskop, cleaning service, jaga toko, dan masih banyak kerja ringan part time lainnya. Jangan khawatir, di sana semua kerjaan ini halal dan tidak ada satupun yang bakalan menertawakan Anda. Kalau di Jakarta mungkin Anda minder jadi loper koran, padahal tidak perlu begitu, selama pekerjaan itu halal. Iya kan? Dan yang pasti, kerja part time seperti itu di Amerika, membuat uang saku Anda akan lumayan berisi. Ada kawan saya (dan dosen saya juga), mahasiswa S3 (calon doktor) yang dapat beasiswa dari Unsrat untuk ambil program doktoralnya di sana. Toh ia masih juga kerja sambilan sebagai tukang angkat dan muat barang di warehouse. Untuk apa? Yah untuk nambah-nambah biaya hidup di sana. Dan selagi bisa bekerja kenapa tidak? Be creative and be positive. Nothing is wrong with part time job.


 Bagi yang sudah ada kerja utama pun, kerja part time masih tetap dilakoni juga. Ini sebagai tabungan atau penghasilan tambahan yang bisa dipakai di Indonesia. Saya pernah berkunjung ke Langowan, salah satu desa di Minahasa Sulawesi Utara. Anda tahu rumah-rumah mereka di sana itu seperti apa? Istilah saya, rumah-rumah mereka itu bagaikan ‘istana raja’, bagus-bagus dan megah. Itu karena ada banyak orang Langowan yang bekerja di Amerika, ada satu desa di sana yang hampir di setiap rumah ada anggota keluarganya yang bekerja di Amerika, dan mereka itu sangat giat. Dengan membangun kampung halaman mereka juga tentunya sudah memberikan devisa bagi daerah yang sangat besar. Membantu pemerintah dalam hal devisa.

× How can I help you?