Selepas SMA kamu punya impian kuliah  di luar negeri? Saat ini kuliah di luar negeri bukan sesuatu yang mustahil. Sekolah ke luar negeri menjadi impian besar bagi setiap pelajar yang ingin meraih cita-cita untuk dapat meraih ilmu yang tinggi. Amerika, Australia, Eropa, Jepang, Korea menjadi negara pilihan untuk melanjutkan kuliah.

Beberapa pelajar menginginkan untuk kuliah di Australia, kenapa? Di samping karena tidak terlalu jauh dari Indonesia, di Australia terdapat universitas – universitas ternama dan terbaik di dunia. Selain itu fasilitas dan kualitas di sana sangat terjamin, membuat mahasiswa merasa nyaman hidup di negeri kanguru ini.

Nah, bagi kamu yang sedang mencari – cari tempat kuliah di Australia, ada baiknya untuk menyimak artikel ini. Karena sekarang kami akan berbagi tips, apa saja yang harus kamu perhatikan dan persiapkan apabila ingin kuliah di Australia.

Sebelum Memutuskan Kuliah di Australia, Simak 5 Hal Berikut Ini

  1. Tahu Jurusan, Universitas dan kota tujuan kamu

Saat akan memilih universitas untuk kuliah, sebaiknya tentukan dulu jurusan yang kamu mau terlebih dahulu, setelah itu barulah memilih kampus mana yang hendak dipilih. Kebetulan sekali di Australia banyak universitas top yang memiliki banyak jurusan dengan ranking yang bagus. Maka tepat sekali jika memilih Australia sebagai tempat kuliah kamu.

Selanjutnya, cari tahu tentang kota yang ada universitas yang sesuai dengan jurusan keinginanmu. Penting untuk mengetahui kota tempat kamu akan berkuliah, karena kamu tidak hanya berada di lingkungan kampus saja, melainkan perlu beraktivitas menikmati lingkungan kota. Perhatikan juga iklim, cuaca dan fasilitas transportasi-nya.

  1. Cek biaya kuliah, biaya hidup dan kemampuan keuangan

Sejauh ini dibandingkan dengan negara – lain, kuliah di Austalia relatif lebih rendah. Yang harus dipertimbangkan adalah berapa biaya kuliah disana, biaya hidup dan juga tabungan.

Rata-rata pelajar internasional mengeluarkan biaya hidup sebesar 1500-2500 AUD/bulan atau setara dengan 14,957,250- 24,928,750 rupiah/bulan. Harga ini bervariasi, tergantung daerah tempat kamu tinggal dan gaya hidup

Soal keuangan Australia lebih ketat persyaratannya, kamu wajib melampirkan bukti keuangan yang menyatakan bahwa kamu sudah punya tabungan yang akan bisa menghidupimu selama, minimal satu tahun kuliah di sana.

  1. Visa Belajar Di Australia

Untuk bisa tinggal di negeri orang kamu perlu visa, termasuk Australia. Untuk bisa kuliah di Australia, kamu harus punya visa belajar. Sebelum membuat visa belajar ini, kamu perlu memiliki dulu surat Confirmation of Enrolment (CoE) asli, atau surat Acceptance Advice for Secondary Exchange Students (AASES). Dokumen ini berisi informasi tentang jenjang pendidikan, jurusan, kode Commonwealth Register of Institutions and Courses for Overseas Student (CRICOS), durasi kuliah, biaya kuliah, hingga estimasi waktu kelulusan.

  1. Kuliah di Australia wajib punya pernyataan GTE (Genuine Temporary Entrant)

Genuine Temporary Entrant atau GTE adalah pengesahan bahwa niat sesungguhnya kamu pergi ke Australia adalah untuk kuliah, bukan untuk menetap di sana. Pemerintah Australia memastikan visa pelajar digunakan sebagaimana mestinya, dan bukan sebagai cara mahasiswa menetap di Australia.

Formulir GTE ini sebagai syarat mahasiswa internasional untuk memperoleh visa pelajar.

  1. Punya skor IELTS yang bagus

Skor IELTS yang bagus berkisar antara 6 dan 9, kenapa ketika hendak kuliah di Australia wajib mempunyai skor IELTS yang bagus? Karena bahasa Inggris yang resmi dipakai di sana adalah bahasa Inggris – British. Untuk itu, persiapkan diri dengan mengikuti les bahasa Inggris.

Jadi, bagi yang ingin kuliah di Australia, jangan sampai lupa akan 5 hal diatas tadi ya…Pastikan untuk mempersiapkan sedari awal agar proses pendaftarannya bisa lebih lancar.

× How can I help you?