Globalone

Konsesi Transportasi

Simak informasi mengenai konsesi transportasi yang berlaku di setiap negara bagian dan teritori Australia dan tautan situsnya.


1.    ACT (Australian Capital Territory)
Pemerintah Australian Capital Territory menyediakan konsesi transportasi bagi pelajar internasional. Pelajar harus memperlihatkan bukti resmi identifikasi (kartu pelajar) atau mendaftarkan diri terlebih dahulu ke ACTION Students Concession Card. Silakan kunjungi situs ACTION(opens in a new window) untuk informasi lebih lanjut bagaimana mendapatkan Student Concession Card untuk daerah Australian Capital Territory (ACT).

2.    NSW
Sebetulnya, negara bagian NSW tidak memberlakukan konsesi transportasi bagi pelajar internasional. Namun, perguruan tinggi kini diizinkan untuk menawarkan diskon pada pelajar internasional pemegang MyMulti Passes di mana pelajar dapat menghemat 35 persen untuk biaya transportasi menggunakan bis, kereta api, ferry dan trem untuk bepergian di sekitar Sydney. Simak tautan berikut untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenaiinternational student travel discounts(opens in a new window)
Hanya pelajar internasional yang berkuliah dengan biaya beasiswa dari Pemerintah Australia berhak mendapatkan konsesi transportasi. Informasi lebih lanjut mengenai peraturan ini dapat dilihat di TfNSW’s Guidelines for Issuing NSW Tertiary Student Concession Cards (pdf 209KB)(opens in a new window).

3.    NT (Northern Territory)
Daerah Northern Territory membebaskan biaya transportasi bagi siswa sekolah dasar, SMP dan SMA dengan menunjukkan kartu pelajar resmi yang dimiliki siswa. Sedangkan mahasiswa universitas dan vokasi berhak mendapatkan jatah bepergian tak terbatas dengan bis umum selama waktu 3 (tiga) jam dengan biaya $1.00 sesuai dengan jadwal bis umum yang berlaku dengan syarat menunjukkan kartu pelajar resmi. Lihat tautan berikut untuk informasi lebih lanjut di situs NT Department of Transport.
4.    QLD (Queensland)
Pelajar internasional yang berkuliah di Queensland dan mengambil studi di bidang yang disetujui oleh Centrelink untuk Austudy, Abstudy atau Youth Allowance, berhak mendapatkan konsesi transportasi umum sepanjang masa studi. Situs Translink(opens in a new window) menjelaskan secara rinci mengenai biaya konsesi yang berlaku di Queensland. Selain itu, situs Education Queensland International(opens in a new window) juga menjelaskan lebih lanjut mengenai tata cara mendapatkan Fee Exemption Policy(opens in a new window).
5.    SA (South Australian)
Pemerintah negara bagian South Australian memberikan konsesi transportasi bagi semua pelajar internasional. Pelajar cukup memperlihatkan kartu pelajar resmi untuk mendapatkan konsesi transportasi. Informasi lebih lanjut mengenai biaya konsesi dan tata caranya dapat dibaca di Adelaide Metro(opens in a new window).

6.    VIC (Victoria)
Negara bagian Victoria memiliki sistem transportasi umum menggunakan trem, kereta api dan bis yang sangat mudah dimengerti, di mana pelajar hanya perlu menggunakan satu sistem tiket.
Pelajar berhak menggunakan kartu konsesi (opens in a new window) jika pelajar berkuliah karena program pertukaran pelajar yang diakui, memiliki status sebagai pengungsi atau jika pelajar adalah penerima beasiswa Australian Development Scholarship dari pemerintah Australia. Pastikan Anda menanyakan lebih lanjut apakah Anda termasuk dalam kategori yang berhak mendapatkan konsesi transportasi dan tata cara mengenai konsesi transportasi ini secara umum kepada institusi pendidikan yang Anda tuju. Silakan kunjungi situs  Study Melbourne(opens in a new window) untuk informasi lebih lanjut mengenai sistem transportasi di negara bagian Victoria.

7.    TAS (Tasmania)
Pelajar internasional yang berkuliah di negara bagian Tasmania berhak mendapatkan konsesi transportasi yang setara dengan pelajar lokal. Silakan kunjungi situs Tasmanian Government Discounts & Concessions(opens in a new window) untuk informasi lebih lanjut mengenai tata cara mendapatkan konsesi transportasi untuk negara bagian Tasmania.

8.    WA (Western Australia)
Pelajar internasional yang berkuliah full-time di negara bagian Western Australia berhak mendapatkan konsesi transportasi untuk semua kendaraan umum yang beroperasi. Transperth menyediakan layanan transportasi umum di sekitar area metropolitan Perth, dengan sistem tranportasi umum terintegrasi antara bis, kereta api dan ferry. Artinya, dengan menggunakan 1 (satu) tiket, pelajar dapat mengakses bis, kereta api dan ferry apapun yang beroperasi di dalam kota, termasuk transfer menggunakan moda transportasi di waktu yang ditentukan dalam tiket.
Silakan kunjungi situs Transperth(opens in a new window) untuk informasi lebih lanjut mengenai kartu konsesi yang berlaku dan kunjungi pula Study WA(opens in a new window) untuk informasi umum mengenai sistem transportasi yang beroperasi di Perth.

Our Office

Rukan  Florencia Blok AA32
Bukit Gading Mediterania
Jalan Bulevard Bukit Gading Raya (BGR) 
Jakarta 14240
Telp : 021 - 2245 7399
WA : 0851 0209 9342
 
 

 

  • FB : Global One Education
  • IG : globaloneeducation
  • Twitter : Global One Education
  • Linked in : Global One International