Cara naik MRT dan Bus di Malaysia

Bagi kamu yang sudah pernah ke Singapore, gak kan berasa bingung gimana caranya naik MRT di Malaysia. Karena caranya gak jaun beda. Hanya saja kalau di Singapore kita menggunakan kartu, sedangkan di KL kita menggunakan koin plastik. Masih bingung juga? Nah saya coba bahas lebih detail deh.

Pertama, jika kita baru tiba landing dari pesawat, apa yang harus kita lakukan? Tidak seperti di Singapore yang stasiun MRT-nya terletak di bandara Changi. Di KL, bandara KLCC dan KLIA-nya terletak jauh dari kota KL. Sekitar 1 jam dengan bus. Tidak ada jalur MRT yang menuju ke bandara, maka pilihan yang bisa kita ambil untuk menuju ke kota KL adalah bus dan taksi. Kalau kamu liburan ala koper naik taksi bisa jadi pilihan yang nyaman banget. Tapi untuk backpacker seperti saya dan sahabat, kita lebih milih naik bus aja deh.

Saya dan sahabat turun di bandara KLCC, bandaranya kecil jadi gak kan bikin bingung deh, ikutin aja petunjuk arahnya menuju arrival, sebelum keluar kita check di bagian imigrasi terlebih dahulu. Setelah itu di jalan menuju ke luar ada loket tempat penjualan tiket bus. Tinggal pilih mau naik bus apa dan bayar deh. Saya lupa naik bus apa, harga tiketnya MRY 10. Kalau di rupiahkan sekitar Rp.35.000,- untuk jarak 1 jam-an, murah kan?

Tambahan aja, saat mau pulang ke Jakarta, saya dan sahabat naik taksi karena waktunya udah mepet. Dari pada ketinggalan pesawat mendingan kita bayar agak mahal. Naik taksi dari Imbi (sekitar Bukit Bintang) ke KLIA tarifnya MRY 80-90. Tinggal kesepakatan aja ama sopirnya berapa.

Cara naik bus-nya sama aja kayak di Indonesia. Gak ada hal khusus kok. Nah jadi saya langsung aja bahas cara naik MRT.

Pusat transportasi di KL adalah KL Central. Jadi bus yang saya tumpangi dari bandara tadi akan menuju ke KL Central. Saat turun di KL Central saya dan sahabat kebingungan, karena turunnya di bawah. Kalau mau naik MRT ke daerah lain kamu bisa naik ke tangga atas, ada eskalator kok. Kalau terlalu capek naik tangga yang tingginya bukan main itu mendingan jalan dikit cari eskalator.

Tujuan saya dan sahabat ke Imbi, stasiun MRT yang letaknya tepat sebelum stasiun Bukit Bintang. Untuk menuju ke Bukit Bintang, naik MRT-nya bukan di KL Central, tapi kita harus keluar dari KL Central, jalan sedikit ke arah depan. Tanya aja deh sama orang disana ke arah mana, nanti juga ditunjukkin. Gak jauh kok, jaraknya sekitar 6 menit jalan kaki.

Di stasiun mini MRT itu ada mesin tempat pembelian tiket, untuk tourist bisa beli langsung ke loketnya. pelayanan khusus. Tapi kalau udah tahu cara beli tiket di mesinnya mendingan beli sendiri. Gampang kok.

Cara beli tiket/ koin di mesin: Saya lupa tahapan detailnya, tapi ikutin aja alurnya. Mesinnya pake layar sentuh. Pilih bahasa (English/Melayu), nanti akan keluar peta yang dilewati oleh kereta, tekan stasiun daerah yang mau kita kunjungi. Nanti akan muncul pilihan mau beli tiket untuk berapa orang dan harganya. Langkah selanjutnya masukin uang ke lubang yang sudah disediakan, nanti mesin akan mengolah uang anda dengan tepat. Tiket yang berupa koin akan keluar dari lubang bawah mesin (seperti vending machine) berikut kembalian uang kamu. Harga tiketnya bermacam-macam, tergantung jarak. Tapi gak mahal rata2 sekitar MYR 1-4.

× How can I help you?